Selasa, 11 Maret 2014

Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Definisi Sistem Informasi

Menurut Tata Sutabri dalam bukunya, Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang bersifat manajerial dalam kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan.
Suatu sistem informasi pada dasarnya terbentuk melalui suatu kelompok kegiatan operasi yang tetap,   yaitu:
            - Mengumpulkan data
            - Mengelompokkan data
            - Menghitung
            - Menganalisa
            - Menyajikan laporan

Sasaran sistem informasi adalah:

 - Meningkatkan penyelesaian tugas. Yaitu Pemakai harus lebih produktif agar menghasilkan keluaran yang memiliki mutu yang tinggi.

 - Meningkatkan efektifitas secara keseluruhan. Maksudnya Sistem harus mudah dan sering digunakan.
 - Meningkatkan efektifitas ekonomi.
Dengan menggunakan system, Keuntungan yang diperoleh dari sistem harus lebih besar dari biaya yang dikeluarkan.

Kualitas dari suatu informasi tergantung dari 3 (tiga) hal yaitu :

1.      Akurat (accurate)
Informasi harus bebas dari kesalahan dan tidak boleh menyesatkan.Akurat juga berarti   bahwa informasi harus jelas mencerminkan maksudnya.

2.      Tepat waktu (timelines)
Informasi yang sampai pada penerima tidak boleh tertunda. Informasi yang sudah usang nilainya akan berkurang. Karena informasi merupakan landasan didalam pengambilan suatu keputusan.

3.      Relevan (relevance)
Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk penggunanya.Relevansi informasi untuk setiap orang, satu dan lainnya pasti berbeda.

Manfaat adanya sistem informasi yaitu :

1. Menyajikan informasi guna mendukung pengambilan suatu keputusan
2. Menyajikan informasi guna mendukung operasi harian.
3. Menyajikan informasi yang berkenaan dengan kepengurusan.

Beberapa komponen sistem informasi dapat diklasifikasikan sebagai :

1. Perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai mesin.

2. Manusia (people) dan prosedur (procedures) yang merupakan manusia dan tata cara
menggunakan mesin.

3. Data merupakan jembatan penghubung antara manusia dan mesin agar terjadi suatu proses pengolahan data.

Sumber : (Buku Tata Sutabri, Sistem Informasi Manajemen, 2005, Yogyakarta, Andi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar