1. SISTEM INFORMASI PADA PIZZA HUT SAMARINDA
Alamat Objek : Jl. Pulau Irian No.1 Telp. 0541-741112 Samarinda
Tanggal Wawancara : 23-03-2014
2. NAMA SISTEM INFORMASI
- Sistem Pemesanan Tempat : - Langsung
- Via Online/ Phone
- Sistem Pemesanan Makanan : - Langsung
- Via Online/ Phone
- Sistem Penyajian Makanan
- Sistem Pembukuan
- Sistem Pembuatan Laporan
3. GAMBARAN SISTEM INFORMASI
A. SISTEM PEMESANAN TEMPAT
-Pemesanan Tempat Secara Langsung
Pemesanan tempat secara langsung di lakukan dengan mendatangi outlet Pizza Hut pada jam 10.00 sampai dengan 22.00. Pemilihan tempat di lakukan dengan meminta bantuan kepada para pelayan untuk menunjukan tempat yang belum di pesan oleh orang lain.
-PemesananTempatSecara Online/ Phone
Pemesanan tempat secara online/ phone dapat dilakukan dengan cara menghubungi Costumer Service Center pada nomor : 500.008 atau 0541-741112 pada jam 10.00 sampai dengan 22.00.
Pemesanan tempat yang telah dilakukan via telpon atau online kemudian dicatat di computer sesuai dengan nama, alamat, serta jam pemesanan tempat. Apabila terjadi keterlambatan datang, maka si pemesan tempatakan di beri tenggang waktu selama 15 menit dari jam pemesanan tersebut. Jika Tenggang waktu tersebut telah habis, maka system secara otomatis akan menghapus nama si pemesan. Kemudian operator akan meneruskan informasi tersebut kepada pelayan bahwa tempat yang telah di pesan tersebut batal sehingga memberikan kesempatan tempat kosong kepada pemesan tempat secara langsung.
B. SISTEM PEMESANAN MAKANAN
Pemesanan makanan dapat dilakukan dengan cara :
- Datang langsung santap di Outlet.
Setelah pelanggan melakukan pemesanan, server langsung menginput semua daftar
Pesanan kedalam computer yang telah diprogram, kemudian daftar pesanan tersebut di print out.
- Menggunakan layanan pesan antar secara Online atau telpon dengan menghubungi costumer service di nomor 500.008 atau 0541-741112 pada jam 10.00 sampai dengan 21.30.
Pizza Hut menerapkan online order, dengan adanya hal ini maka secara tidak langsung Pizza Hut telah melakukan pendekatan terhadap konsumennya, karena bukan tidak mungkin dengan customer relation management yang dilakukan Pizza Hut akan menciptakan loyalitaster sendiri bagi para konsumennya. Layanan online order ini terbagi atas tiga menu yaitu :
1. Pertama adalah log in account untuk para konsumen baik itu konsumen yang regular ataupun konsumen baru dengan memasukkan kode pin untuk mengetahui jaringan Pizza Hut terdekat.
2. Kedua adalah demonstrasi pembelian, layanan ini di sediakan bagi para pelanggan untuk mencoba melakukan pemesanan online sebelum melanjutkan kedalam transaksi sebenarnya.
3. Ketiga adalah help features yakni cara perusahaan untuk berkomunkasi dengan pelanggan melalui email dan telepon bebas pulsa.
- Menggunakan kartu kredit.
- Menggunakan kartu multi ponta yang menggunakan poin sebagai pengganti uang.
C. SISTEM PENYAJIAN MAKANAN
Dalam penyajian makanan di lakukan dengan berinvestasi pada mesin-mesin produksi yang cepat dan mempercepat waktu penyajian dengan mengambil karyawan lebih banyak. Setelah pelayan menawarkan beberapa paket makanan dengan informasi harga, serta pesanan telah di catat. Maka selanjutnya adalah data pesanan yang telah dicatat tersebut akan di berikan kepada koki yang akan memasak sesuai dengan pesanan. Kemudian setelah pesanan siap, pelayan akan kembali kepada pemesan atau pelanggan dengan membawa makanan sesuai pesanannya.
D. SISTEM PEMBUKUAN
Pesanan para pelanggan diterima system Pos yang di catat oleh system station sebagai pengumpul data kolektif dari beberapa order station. Semua transaksi akan di simpan di dalam file server yang kemudian di tampilkan atau di kerjakan menggunakan Microsoft Acces.
Transakasi yang terjadi masuk ke dalam system POS yang menggunakan terminal elektronik cash register untuk mengirim data penjualan pada semua jaringan yang terhubung langsung dengan computer pusat.
E. SISTEM PEMBUATAN LAPORAN
Pembuatan laporan menggunakan aplikasi khusus “Ad Resto”.Aplikasi ini di pergunakan untuk membuat laporan :
- Transaksi penjualan (operator).
- Transaksi kas dan biaya.
- Laporan penjualan.
- Laporan kas.
- Laporan Biaya.
- Laporan Laba- Rugi.
4. JENIS SISTEM INFORMASI YANG DIGUNAKAN
Dalam menjalankan kegiatannya Pizza Hut telah menggunakan system yang terkomputerisasi, yaitu :
Transaction Processing System (TPS)
TPS adalah sistem yang digunakan untuk memproses data yang berasal dari transaksi bisnis, update operational database dan memproduksi dokumen bisnis.
TPS yang digunakanoleh Pizza Hut adalah Point of Sale (POS) System, yaitu suatu sistem yang menggunakan terminal elektronic cash register untuk menyimpan dan mengirim data entry penjualan pada semua jaringan yang langsung terhubungi dengan computer pusat dan dapat di proses untuk keperluan cepat atau periodik.
Pada prinsipnya sistem operasional Pizza Hut merupakan aliran kerja yang di terjemahkan secara baku ke dalam proses otomatisasi. Pesanan pelanggan di terima oleh sistem point of sale (order station) yang akan di catat oleh maka line station sebagai pengumpul data kolektif dari beberapa order station. Kemudian pesanan pelanggan akan di proses langsung oleh kitchen dengan hard copy document transaksi sebagai perintah kerja. Semua data transaksi akan tersimpan di dalam file server, sedangkan driver routing diperlukan sebagai pengawas kegiatan operasional yang akan di pantau langsung oleh head quarter melalui jaringan WAN.
Enterprise Collaboration System (ECS)
ECS adalah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi antara team, work group dan enterprise kolaberasi.
Sistem ini juga di gunakan untuk keperluan koordinasi dan pertukaran informasi di internal perusahaan, misalkan antar outlet KFC atau Pizza Hut akan di hubungkan ke dalam satu jaringan sehingga koordinasi dan pertukaran informasi dapat mudah dilakukan.
Process Control Systems (PCS)
PCS merupakan sistem yang di gunakan untuk memonitor dan mengkontrol proses industri. Dalam manajemen Pizza Hut, sistem ini di gunakan untuk mengontrol alur pemesanan dari konsumen, pemasakan menu dan kecepatan pelayanan menu pemasanan konsumen.
Management Support System (MSS)
Merupakan sistem yang dapat menyediakan manager end-user akan suatu produk informasi yang menunjang pengambilan keputusan setiap saat, bagian dari management support system, di antaranya adalah:
Management Information System (MIS)
MIS merupakan sistem yang digunakan untuk mengelola informasi untuk pembuatan laporan dan pendukung suatu keputusan.
MIS yang digunakan pada Pizza Hut adalah Pizza Hut’s Field Management System yang menyediakan aplikasi yang dapat membantu store manager dalam business forecasting, inventory management and human resources management. Aplikasi ini akan berupa suatu bentuk pelaporan yang selanjutnya digunakan oleh perusahaan dalam penentuan atau pengambilan keputusan pada sistem penunjang keputusan.
Decision Support Sistem (DSS)
DSS menyediakan informasi yang di butuhkan bagi manager end-user secara interaktif dengan menggunakan berbagai model analisis, simulasi dan lain sebagainya.
Bagi Pizza Hut sendiri penggunaan DSS terlihat ketika setiap store manager dapat memonitor performance system secara langsung dan interaktif, juga di lengkapi dengan management tool analysis dalam menganalisa business for ecasting dan manajemen persediaan.
Executive Information Systems (EIS)
EIS adalah tipe SIM yang sesuai untuk kebutuhan informasi strategis bagi manajemen atas.Tujuan dari sistem informasi eksekutif berbasis computer adalah menyediakan akses yang mudah dan cepat untuk informasi selektif tentang faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen atas.
JENIS – JENIS PROGRAM YANG DI GUNAKAN
A. POS POSIFLEX HT 2212 SERIES
- Admin : Validasi login
Pengolahan data user
Pengolahan data bahan
Melihatjumlahsatuan
Pengolahan data pegawai
Melihat top item
Pengolahan data menu
Pengolahan data bill
Melihat log bill
Pengolahan data jumlahpembayaran
Pengolahan data pesanan
Melihat status meja/ tempat
B. SUB GROUP
Program pada Back Office yang digunakan untuk mencatat jenis makanan atau minuman dari item menu yang terdaftar pada item menu restoran.
C. ITEM MENU
Program yang mencatat item menu atau barang sesuai dengan sub group.
D. DATA STOCK
Program untuk mencatat stock pada masing-masing item menu.
5. KESIMPULAN PENGAMATAN
Secara umum, sistem yang dipakai oleh Pizza Hut SCP Samarinda sudah sangat baik. Hal tersebut dapat di cerminkan oleh baiknya pelayanan yang selama ini sudah berjalan. Akan tetapi sebagai calon system analis, kami haruslah mempunyai pandangan tersendiri tentang system tersebut. Menurut hasil wawancara yang kami dapatkan, system tersebut belum sepenuhnya terintegrasi atau masih berjalan sendiri-sendiri sehingga memerlukan beberapa pos atau admin dalam menjalankan satu system saja.
Menurut kami sebaiknya system yang dipakai bias lebih sederhana lagi tetapi bias mencakup keseluruhan system yang berjalan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar